Blogger Papua – Dilansir dari wikipedia, 1000 StartUp merupakan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sebuah program pembinaan perusahaan rintisan tingkat awal yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika sejak 2016.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, yang dibentuk sejak tahun 2016, sudah melahirkan kurang lebih 1.040 startup dari 10 kota dengan total peserta sebanyak 78.853 orang. Antusiasme dan keberhasilan program ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi ekosistem digital di Indonesia.

Selain itu, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital juga mendorong antusiasme masyarakat Indonesia terhadap ekosistem digital sehingga Indonesia berhasil mencapai peringkat ke-3 sebagai negara dengan perkembangan ekosistem startup tertinggi diantara negara G20.

Kini, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir dari barat sampai timur Indonesia. Dimulai dari 10 kota awal penyelenggara seperti: Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Pontianak, Makassar, ditambah dengan kota-kota baru yaitu Balikpapan, Mataram, Batam, Pekanbaru, Manado, Kupang, hingga ke Jayapura.

Walau dimasa Pandemi Covid-19, tidak menjadi hambatan buat anak-anak muda di kota jayapura untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usaha-usahanya di dunia digital. Terbukti dengan antusisnya peserta yang terdaftar dalam Program 1000 StartUp digital.

Tahapan pertama ignition dimana para peserta yang sudah terdaftar wajib mengikuti seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship, Kemudian, dari peserta ignition tersebut akan dijaring lagi agar dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 12, September 2020 bertempat di hotel @home, Tanah Hitam Kota Jayapura, Muhammad Muhajir Kordinator Creative Digital Papua selaku Partner Local Gerakan 1000 Startup dengan melihat antusias dan keaktifan para peserta yang berasal dari beragam latar belakang yang hadir mengikuti tahapan pertama,

“harapannya untuk peserta yang telah terdaftar dapat lolos ke tahap selanjutnya dan akhirnya di jayapura lahir sebuah startup baru yang bisa memberikan manfaat untuk kota Jayapura terlebih untuk Indonesia.” ucapnya.

kegiatan Gerakan 1000 Startup Digital ini akan berlangsung selama 2 bulan di kota Jayapura, dengan Format Online. Program Gerakan 1000 Startup Digital ini dapatĀ  diikuti dengan lebih fleksibel. akan ada tahap Ignation dengan menonton Video rekaman di Platform #1000startupdigital. setelah melewati Tahap Ignation kalian akan diseleksi menuju tahap Workshop, dan Selanjutnya akan mengikuti pelatihan Gerakan 1000 Startup Digital,dan akan dibina untuk membangun Startupmu sendiri maupun dengan Kelompok, Kegiatan ini Sangat bermanfaat dan mengajarkan banyak Hal bagi Kalian para pemula/perintis usaha tingkat awal di Dunia Bisnis.